Dewi's Blog

Kebaikan itu layak untuk diperjuangkan

LAbelling…Berbahaya Banget Euy!!!!

on 12 March 2011

Mencoba mengurai hal-hal yang berloncatan di pikiranku..maaf banget ya aku tulis disini soalnya jika ku tulis di buku, untuk diriku sendiri kemungkinan besar hilang adalah hilang..
jadi teringat buku orange yang selama ini mengisi hari2ku..hiks…gak tahu tuh kemana bukunya sekarang. gara2 ketinggalan di bintaro, sekarnag tak tau rimbanya…
sore tadi aku akhirnya bisa menanyakan terkait intelegent….emang bawaan ya? hm…aku baru tahu…sekarang baru kepikiran. biasanya ortu pinter, anak2nya juga biasanya pinter…masalahnya ada ortu yang gak terlalu pinter entah kenapa beruntung dapet anak yang pinter sampai ikut juara sampai nasional juga…(inget anak SD/SMP lomba catur atau komputer ya? yang ayahnya penarik bemo di jakarta?–lupa sapa namanya euy)

entah amalan apa yang dilakukan kedua orang tuanya y? hehe…udahlah jangan bahas itu!!
lanjut aja dah…pokoknya akhirnya aku bertanya dan memang inteligent itu bawaan dari sononya..perkembangan anak akan sangat melejit di umur 0-5 tahun…biasanya, jadi jika ada yang baru melejit dari 15-20 tahun juga jangan tanya kenapa karena penelitian kan relatif…^^

namun jangan sampai akhirnya di usiaku yang ke-21 ini akhirnya menyerah duluan sebelum mencoba untuk menambah IQ ku lagi…
diceritain ama ibunya….ada group sebak bola/softball lah…pemain2nya gak pernah juara…namun kali ini mereka memiliki pelatih yang hebat. bukan dalam hal fisik,tapi menyadarkan mereka jika mereka juga punya potensi tersembunyi. pengen tau bagaimana caeritanya?

gini…
suatu hari pelatihnya nyuruh salah satu pemain yang kemampuannya tengah2 lah…dia minta pemain itu menggendong temannya yang sedikit lebih besar darinya (katakan saja beratnya 130 pon) dan berjalan merangkak ke arah pelatih yang berdiri (katakanlah) 15 meter dari tempat pemain itu start, tapi dengan syarat…matanya ditutup.
permainan dimulai….dan tiap kali pemain itu hampir mendekati pelatih, pelatih itu mundur ke belakang dan mengatakan “sedikit lagi” …begitu terus sampai akhirnya pelatih tersebut berada di pinggir lapangan yang satunya.

saat pemain itu membuka matanya dia sangat terkejut..kok bisa?
dan setelah itu yang digendong akhirnya berkata jujur”sebenarnya berat saya bukan 130 pon, tetapi 150 pon”
nah lo…dapat apa kita kali ini?

kadang kala “judge” orang-orang dari sekeliling kita mempengaruhi alam bawah sadar kita sehingga menimbulkan pemikiran yang kita setujui…
katakanlah begini…ini pengalaman pribadi nie…
aku itu seringkali dikatain orang lain jika aku ini pelupa …
dan karena pernah mendengar “labeling” seperti itu, suatu hari saat aku mengerjakan sesuatu dan melupakan suatu hal akhirnya aku melakukan “PEMAKLUMAN” terhadap diriku sendiri.

“akh tidak papa…kan aku emang pelupa. orang2 juga udah tahu itu kok…gpp2″

begitu terus sehingga akhirnya berakibat buruk bagiku…

jadi apa lagi yang kita dapatkan kali ini?

nasehat bagus dari beliau adalah ” boleh saja orang lain mengataiku pelupa, namun jangan sampai aku mengatai diriku itu orangnya pelupa. dengan cara seperti ini aku bisa maju untuk menjadi orang yang tidak pelupa lagi (walau kenyataannya emang sering lupa hal2 sih). ada banyak cara agar kita ingat, yaitu dengan membuat catatan. bahkan jika komitmen kita begitu kuat, bahkan uang kertas pun bisa menjadi ladang kita menulis agar apa2 yang kita ingat saat itu bisa kita ikat kuat di atas sebuah kertas”

^^
selamat berkarya dan memotivasi diri sendiri dan belajar untuk berpikir positif

juga belajar untuk mengucapkan hal2 positif !!! ingat teori “LABELLING” OK???


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: