Dewi's Blog

Kebaikan itu layak untuk diperjuangkan

wah udah bulan maret nie…ayo para pegawai dan karyawan…dah lapor SPT Tahunan lum? aku udah lo…

on 12 March 2011

Bismillahirrokhmanirrohim

udah bulan maret nie…bulan terakhir penyampaian SPT Tahunan untuk tahun pajak 2010 untuk Wajib Pajak Orang Pribadi…
Orang Pribadi mana nie? ya semuanya lah yang memiliki NPWP. Tahu kenapa bagi yang punya NPWP harus lapor SPT Tahunan? karena saat kita daftar atau didaftarin (sering yang dilakukan para pemberi kerja yang bahkan tidak ngasih tahu kita kalau udah didaftarin) kita udah di list apa saja kewajiban kita…nah di sistem DJP kita di listnya :
1. Wajib PPh 25
2. Wajib PPh 29 — yang lebih dikenal dengan SPT Tahunan
nah yang 25 udah dipenuhi ma pemberi kerja tuh…gak mungkin lah SPT Tahunan pemberi kerja juga yang buat…bisa sih, tapi kan butuh tanda tangan kita juga…yang asli donk

Jenis SPT Yang bisa dipake Orang Pribadi :
1. SPT 1770 SS untuk < 60jt/tahun — harus ada 1721-A1/ 1721-A2 atau surat pernyataan tidak berpenghasilan bermaterai
2. SPT 1770 S — harus ada 1721-A1/ 1721-A2 atau surat pernyataan tidak berpenghasilan bermaterai
3. SPT 1770 OP — untuk WP yang kerja dan atau juga membuka usaha (cth warung makan, ternak, dll)

nah ini ada beberapa kasus yang pernah saya temui di lapangan …
1. Suami kerja penghasilan 60 jt — dia make S
nah lo..jika digabung, make SPT apa coba?

Suami yang tetep lapor walau istrinya yang lebih gedhe penghasilannya…kan istri ngikut suami ^^ hehe
jadi make SPT S,nanti penghasilan bruto istri dimasukin di lampiran I di A. 13 kalo gak salah

2. harta itu bukan penghasilan antum lho ya…tapi lebih seperti asset..emang asset juga sih. yang udah sah menjadi milik antum…misal ada BPKB nya, ada sertifikatnya/akte jual beli lah…pokoke yang menunjukkan secara hukum milik anda. komputer, laptop yang tidak berdasar hukum sebenarnya boleh masukin juga sih…

3. kewajiban/utang juga bukan terkait seberapa besar pajak terutang anda lho…tapi misal utang ke bank, pinjaman ke rentenir..dsb.

apa lagi ya?
entar lagi ya…capek nulis


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: